Abstract :
Media online memiliki fungsi penting dalam penyebaran informasi kepada khalayaknya. Dalam menjalankan fungsinya tersebut, media memiliki tanggung jawab kepada khalayaknya untuk memberikan infomasi yang berkualitas. Namun, kini kualitas berita media online kian memburuk dengan banyaknya berita hoaks, berita yang tidak relevan, dan berita yang tidak sesuai dengan fakta. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap menurunnya tingkat kepercayaan khalayak terhadap berita media online. Selama ini kualitas berita juga hanya berfokus dari sudut pandang medianya saja, tetapi tidak melihat bagaimana penilaian kriteria kualitas berita menurut khalayaknya. Penelitian ini akan meneliti bagaimana penilaian khalayak terhadap kriteria kualitas berita media online. Kriteria kualitas berita menurut khalayak tersebut yang nantinya dapat menjadi sebuah tolok ukur bagi jurnalis untuk membuat konten berita yang sesuai dengan yang dibutuhkan oleh khalayaknya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa ilmu komunikasi dan nonilmu komunikasi yang berdomisili di DKI Jakarta yang kemudian didapatkan sampel total sebanyak 413 responden. Berdasarkan keempat dimensi kualitas berita media online, hasil penelitian menunjukkan kredibilitas berita merupakan faktor yang paling utama dalam menentukan kualitas berita. Kemudian, terdapat lima poin utama yang digunakan khalayak dalam menentukan kualitas berita yakni akurasi, bias, jelas, tidak mengganggu, dan objektif. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dalam tingkat penilaian kriteria kualitas berita media online antara mahasiswa ilmu komunikasi dan mahasiswa nonilmu komunikasi.