DETAIL DOCUMENT
Front Office Department Mercure Hotel Samarinda Industrial Placement Report
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Ivory Austen, Kezia
Subject
 
Datestamp
2022-03-23 01:29:31 
Abstract :
Sebagai mahasiswa Univesitas Multimedia Nusantara jurusan program Hotel Operation, penulis diwajibkan untuk melakukan program Industrial Placement atau disebut program IP pada semester tiga. Penulis melakukan program IP di sebuah hotel dan karena pandemi, penulis melakukan program IP di kota penulis, Samarinda, Kalimantan Timur. Penulis memilih Hotel Mercure Samarinda karena merupakan hotel pertama di bawah Accor di Samarinda. Hotel ini baru berjalan sekitar 2 tahun. Penulis memilih departemen Front Office dan diposisikan sebagai Guest Relations Officer atau disebut GRO. Tugas utama GRO adalah sebagai jembatan antara tamu dengan pihak hotel, khususnya tamu VIP. Tugas utama sebagai GRO adalah menyambut tamu, menyiapkan kamar dan fasilitas untuk tamu VIP. Tamu VIP adalah tamu yang diberikan pelayanan khusus oleh hotel; bisa orang penting dari hotel, menteri, pejabat, pemerintah, tokoh masyarakat, anggota program loyalitas hotel, tamu yang menginap lama, dan juga tamu pelanggan setia. Ada beberapa kendala yang penulis hadapi, seperti nomor kamar yang tiba-tiba berubah, fasilitas VIP yang lambat dibuat, dan penanganan dua hotel. Penulis sangat senang dapat melaksanakan program IP di Hotel Mercure Samarinda dan berharap dengan pengalaman dari program ini penulis akan siap memasuki dunia perhotelan yang sesungguhnya. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara