DETAIL DOCUMENT
Strategi kampanye kota Bandung (studi kasus Kampanye SayangBandung periode November 2014 - Oktober 2015)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Tridarma, Chrisliani Novia
Subject
307 Communities (Incl. Indigenous, Rural, Suburban and Urban Communities) 
Datestamp
2022-01-18 05:51:32 
Abstract :
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Metode penelitian menggunakan metode studi kasus dengan dua teknik pengumpulan data. Pengumpulan data primer dilakukan dengan melakukan wawancara dan pengumpulan data sekunder diperoleh melalui studi pustaka. Metode triangulasi yang digunakan adalah triangulasi data, yaitu sumber data dari hasil wawancara, dokumen, dan literatur terkait. Dalam merumuskan strategi kampanye, Patterson dan Radtke (2009) merumuskan tujuh tahapan, yaitu dimulai dari persiapan perencanaan, analisis situasi, menentukan target audience, menentukan objektif komunikasi, merumuskan pesan, merumuskan strategi komunikasi, dan melakukan evaluasi. Ketujuh tahapan inilah yang digunakan untuk membahas strategi kampanye SayangBandung Hasil penelitian menunjukkan bahwa Komunitas SayangBandung telah melakukan enam dari tujuh langkah perumusan strategi komunikasi, yaitu persiapan perencanaan, analisis situasi, menentukan target audience, menentukan objektif komunikasi, merumuskan pesan, dan merumuskan strategi. Strategi kampanye yang digunakan adalah memaksimalkan penggunaan media sosial Twitter, menggunakan third party endorsement, dan memanfaatkan isu publik untuk menarik perhatian. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara