Abstract :
Telah berdiri sejak tahun 1830, Cafe Batavia merupakan salah satu bangunan
bersejarah yang berlokasi di Kota Tua, Jakarta Barat. Sebelumnya, Cafe Batavia
digunakan sebagai pameran galeri. Bangunan ini dibeli dan dibangun kembali
menjadi restoran pada tahun 1993 dengan konsep gaya Batavia tahun 1930.
Mempunyai nilai sejarah yang kuat membuat Cafe Batavia berbeda dengan cafe
lainnya, namun masih banyak masyarakat DKI Jakarta yang belum mengetahui
tentang keberadaan Cafe Batavia. Perancangan promosi ini ditujukan kepada
masyarakat DKI Jakarta yang berusia 28-40 tahun dengan menggunakan metode
penelitian gabungan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data kualitatif
berupa wawancara, observasi, studi eksisting, dan studi kompetitor sedangkan
metode kuantitatif berupa kuesioner. Metode perancangan yang digunakan dalam
perancangan promosi ini berdasarkan pada teori dari Landa. Pesan yang akan
disampaikan adalah menjadikan Cafe Batavia sebagai salah satu warisan sejarah
Batavia yang menghubungkan antara masa kolonial dengan masa sekarang. Visual
yang digunakan terdiri dari fotografi dan teks dengan penerapan pada media
utama majalah dan koran serta media pendukung banner, iklan sosial media, dan
merchandise.