Abstract :
Pengguna laporan keuangan membutuhkan informasi laba yang berkualitas
dan relevan agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh signifikan informasi opini
audit yang terdapat dalam laporan tahunan perusahaan terhadap kualitas dan
relevansi informasi laba, yang diukur dengan Earning Response Coefficient atau
ERC.
Sampel penelitian ini adalah 53 perusahaan yang termasuk dalam Indeks
Kompas 100 tahun 2009. Pengujian dilakukan dengan menggunakan dua model,
yakni model yang tidak menggunakan variabel kontrol dan model yang
menggunakan variabel kontrol, yakni beta, leverage, dan PBV. Pengujian yang
dilakukan yaitu: uji normalitas data menggunakan normal probability plot, uji
autokorelasi menggunakan Durbin-Watson, uji multikolinieritas dengan melihat
nilai tolerance dan VIF, dan uji heteroskedastisitas dengan grafik scatter plot.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa opini audit tidak berpengaruh
signifikan terhadap ERC pada model tanpa variabel kontrol dan model dengan
variabel kontrol. Hal ini mengindikasikan bahwa investor belum terlalu
mengapresiasi informasi opini audit yang terdapat dalam laporan keuangan
perusahaan.