Abstract :
Penelitian ini sebagai penelitian causal study yang dilakukan untuk menetapkan
hubungan sebab akibat di antara variabel pemahaman wajib pajak dan iklan pajak
terhadap tingkat kepatuhan wajib pajak dalam membayar Pajak Bumi dan
Bangunan (PBB) di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Tangerang Timur
khususnya yang tinggal di Kecamatan Ciledug.
Objek dalam penelitian ini adalah wajib pajak yang membayar PBB di KPP
Tangerang Timur khususnya yang tinggal di Kecamatan Ciledug, serta yang
pernah melihat iklan pajak baik di media massa maupun media elektronik. Pada
teknik analis data, penelitian ini melakukan uji validitas dengan cara korelasi
pearson, uji reliabilitas dengan rumus koefisien Cronbach?s Alpha, uji asumsi
klasik, uji hipotesis multiple regression, uji t, dan uji F.
Pada pengujian hipotesis dapat dilihat bahwa pemahaman wajib pajak memiliki
pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak dan iklan pajak tidak
memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, sementara
pemahaman wajib pajak dan iklan pajak secara simultan memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak.