Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Vannessa, Abigail
Subject
659 Advertising, Marketing and Public Relations
Datestamp
2022-05-23 06:49:32
Abstract :
Blanja.com merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang ecommerce
Indonesia. Blanja.com telah berdiri sejak tahun 2012 yang bertempat di
Mulia Business Park, Jakarta. Namun, masyarakat tidak mengetahui adanya
perusahaan yang menawarkan fasilitas dalam berbelanja hingga ke dunia
internasional tersebut. Oleh karena itu, dalam proses perancangan promosi yang
ditujukan, penulis menggunakan metode penelitian secara kualitatif dan
kuantitatif dengan proses wawancara narasumber, Focus Group Discussion
(FGD), dan penyebaran kuisioner disertai dengan observasi dari para pesaing
Blanja.com. Kemudian, penulis melakukan tahapan perancangan dengan
metodologi berdasarkan buku Advertising & IMC: Principles and Practice
dengan tahapan mengidentifikasikan masalah, menentukan objek utamanya, dan
bagaimana strategi yang dibutuhkan untuk perancangan promosi. Pesan yang
disampaikan yaitu target audiens dapat berbelanja dimana saja dan kapan saja
dengan akses langsung melalui handphone. Visual perancangan promosi tersebut
yaitu menunjukkan dua jenis dunia dari negara Jepang dan Amerika Serikat yang
diharapkan dapat menunjukkan akses langsung berbelanja dari Indonesia ke dua
Negara tersebut . Pengaplikasian visual tersebut kemudian diaplikasikan ke
media-media promosi seperti ambient dengan media pendukung billboards,
instagram, website banner, dan juga x-banner.