Abstract :
Setiap film memiliki pasarnya masing-masing. Sudah merupakan tugas seorang
produser untuk mempertemukan film pada pasarnya. Bagaimana cara mencari
pasar memiliki metodenya sendiri, dengan dibumbui kreativitas produser dalam
mengenal masyarakat dan filmnya. Trailer merupakan salah satu materi promosi
yang cukup optimal dalam menyuarakan keberadaan sebuah film supaya sampai
terdengar oleh pasarnya. Pembuatan trailer tidak dapat dilakukan sembarangan,
trailer yang baik dapat mengantarkan sebuah film pada pasar dengan baik pula,
namun apabila trailer yang dibuat memiliki kualitas yang buruk, hancurlah
reputasi film itu sendiri.
Itulah sebab keberadaan Laporan Tugas Akhir ini akan menganalisis
efektivitas trailer film pendek Wasangka yang langsung dilakukan dengan
menggunakan dimensi EPIC oleh Nielsen, sehingga menemukan jawaban apakah
trailer film Wasangka dapat membantu film Wasangka terdengar jelas dan baik
oleh target pasarnya. Target pasar yang dipilih dalam batasan masalah penulisan
Laporan Tugas Akhir ini sendiri yaitu mahasiswa/mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial
dan Ilmu Politik di Tangerang, alasan terkuatnya adalah karena film Wasangka
memiliki dua tema besar yaitu sosial dan politik.