Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Wiyanjaya, Benedict
Subject
381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Datestamp
2022-12-01 02:14:23
Abstract :
Identitas visual merupaka sebuah alat yang dapat mengkomunikasikan sebuah
brand pada target audiens yang dimiliki. Puspa Iptek yang telah berhasil merebut
kepercayaan sekolah dalam mengedukasi anak didiknya, kini melakukan
perluasan terhadap target pasarnya pada masyarakat umum secara pribadi tanpa
adanya campur tangan sekolah. Tidak hanya kunjungan terhadap Puspa Iptek saja,
namum Puspa Iptek juga mengadakan berbagai macam kegiatan yang
diperuntukan bagi masyarakat umum. Namun, upaya tersebut belum berhasil
mencapai target yang ditetapkan Puspa Iptek. Rendahnya brand knowledge
masyarakat umum terhadapa Puspa Iptek menyebabkan rendahnya tingkat brand
loyalty Puspa Iptek sendiri. Oleh karena itu, penulis berniat untuk melakukan
repositioning terhadapa identitas visual Puspa Iptek. Metode yang digunakan
dalam mengumpulkan data adalah metode kualitatif dan kuantitatif untuk
mendapatkan data yang mendalam baik dari sisi internal Puspa Iptek maupun
pada masyarakat. Hasil akhir dari perancangan ini berupa Graphic Standard
Manual yang berisikan aturan baku mengenai identitas visual Puspa Iptek yang
baru untuk menjagai integrasi dalam pengaplikasian visual sebuah brand.