Abstract :
Telaga Seafood merupakan sebuah restoran keluarga yang sudah berdiri sejak tahun
2003. Seiring berjalannya waktu, restoran keluarga dengan segmen sejenis sudah
sangat menjamur dan membuat restoran ini mulai mengalami penurunan tingkat
konsumen. Restoran Telaga Seafood kemudian mempersempit kompetitornya dan
menggeser segmentasinya. Melihat kompetitor di atasnya sudah bisa bersaing
karena konsep yang kuat, restoran Telaga Seafood perlu melakukan perbaharuan
konsep yang lebih kuat sehingga bisa bersaing dengan kompetitormya. Masalah
yang terjadi jika dijabarkan adalah adanya permasalahan persaingan antar segmen
sejenis, penjualan menurun, konsep tidak kuat yang mana merupakan masalah
terkait dengan segmentasi dan brand-image. Jika tidak diperbaiki maka tujuan
restoran Telaga Seafood untuk bisa bersaing dengan kompetitor dan memiliki
konsep yang kuat akan gagal. Maka dari itu, penulis akan melakukan perancangan
ulang identitas visual yang merupakan bagian dari re-branding. Karena, suatu rebranding
dapat dilakukan jika adanya pergeseran segmentasi, dan perubahan
konsep suatu perusahaan. Dengan adanya re-branding ini maka penulis akan
memperbaiki restoran Telaga Seafood secara branding melalui identitas visual,
sedangkan pemilik restoran akan memperbaiki branding secara konsep dan segala
unsur didalamnya. Semua ini dilakukan agar tujuan restoran Telaga Seafood untuk
bisa bersaing dengan kompetitornya, memperbanyak cabang, dan meningkatkan
konsumen dapat tercapai.