Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Chandra, Felicia Stefany Louist
Subject
NC Drawing Design Illustration
Datestamp
2019-11-11 04:44:45
Abstract :
Food waste yang masuk ke dalam sampah organik merupakan jenis sampah yang
berbahaya karena menghasilkan gas metana yang berdampak 25 kali lebih buruk
dibanding CO2 dalam jumlah yang sama. Berdasarkan konsep tersebut, penulis
menggunakan melakukan penelitian kembali dengan metode explanatory
sequential mixed method dalam memetakan serta memverifikasi data untuk mencari
solusi terhadap topik permasalahan ini. Mengubah kebiasaan membuang makanan
yang terutama sering terjadi di lingkungan rumah tangga merupakan persoalan
mengubah pola perilaku, pola pikir, kebiasaan dan kebudayaan sehari-hari. Hal ini
sekaligus memperkuat fakta perlunya kampanye untuk permasalahan ini.
Berdasarkan kondisi tersebut, muncul pertanyaan mengenai ?bagaimana merancang
kampanye sosial yang dapat mengubah kebiasaan membuang makanan yang masih
layak konsumsi di rumah tangga?.
Kampanye Sadar Santap merupakan sebuah kampanye pencegahan
makanan terbuang di skala rumah tangga dengan cara baru yang mudah. Terdapat
beberapa upaya yang dilakukan yaitu, preventif, kreasi, dan persuasi. Fokus utama
dalam kampanye yaitu kebutuhan preventif, menjadi salah satu alasan pemilihan
media utama yaitu motiongrafis. Dalam mengalihkan dan mencegah makanan
dalam kondisi baik terbuang di lingkungan rumah tangga, kampanye ini
menggunakan media media sosial berupa digital konten, buku harian, dan banner
serta berbagai media kolateral lainnya yang dapat membantu target. Harapan
besarnya, tugas akhir ini dapat berkontribusi secara nyata, bukan hanya sekadar
tugas akhir semata