Abstract :
Restoran Bakmi MB8 merupakan restoran dengan masakan khas Makassar pertama
di Jakarta. Restoran ini sudah berdiri sejak tahun 1985 di Mangga Besar, Daerah
Khusus Ibukota Jakarta. Setelah mengalami masa penutupan selama hampir 5
tahun, Bakmi MB8 mengalami kesulitan dalam mempertahankan eksistensinya
sebagai restoran dengan cita rasa khas Makassar. Hal ini juga yang menyebabkan
pelanggan yang datang tidak mengalami regenerasi, yang mana setelah merubah
segmentasi visi-misi ini tidak dapat berjalan. Bakmi MB8 tidak dapat beradaptasi
dengan berkembangnya pasar terutama sesama restoran bakmi khas Makassar
lainnya. Berangkat dari hal itu, dibutuhkan perancangan ulang identitas visual yang
kuat untuk mempertahankan dan menaikkan eksistensi serta nilai otentik dari
Bakmi MB8 sebagai restoran dengan cita rasa khas Makassar pertama di Jakarta.
Dengan metode penelitian wawancara kepada pemilik restoran, observasi lapangan
dan visual, serta tinjauan literatur, penulis dapat menggali lebih dalam
permasalahan yang dialami restoran Bakmi MB8 dan dapat penulis gunakan
sebagai penguat latar belakang.