Abstract :
Kota Tangerang Selatan sebagai salah satu kota di provinsi Banten memiliki potensi
yang baik untuk dijadikan destinasi wisata, hal ini didukung dengan kenaikan
wisatawan terus menerus setiap tahunnya. Salah satunya yaitu wisata keluarga
pemancingan dan outbound Lubana Sengkol yang terletak di Kampung Sengkol,
Setu, Banten dan sudah berdiri selama 10 tahun. Pengembangan yang terus
dilakukan, membuat pihak Lubana Sengkol perlu merubah identitas visual agar
masyarakat lebih mengenal dan tidak salah persepsi mengenai wisata ini. Maka
dibutuhkan identitas visual yang baru agar wisata ini menjadi salah satu destinasi
yang ingin dikunjungi, adanya konsistensi dalam penerapan, dan masyarakat lebih
mengenal Lubana Sengkol.
Penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan data melalui kuesioner, wawancara
dengan pihak Lubana Sengkol dan masyarakat, observasi lapangan, analisa logo,
dan studi eksisting terhadap logo wisata sekitar yang terkait, dengan disesuaikan
studi literatur yang telah ada. Sumber data yang sudah terkumpul menjadi acuan
dalam pembuatan logo baru, yaitu terbentuknya big idea ?Enjoying the nature and
family?. Diharapkan logo yang baru ini dapat lebih menggambarkan Lubana
Sengkol baik dari segi persepsi masyarakat maupun semangat yang ingin
disampaikan wisata ini. Identitas visual yang terbentuk akan dibukukan ke dalam
pedoman identitas visual, yang menjadi acuan atau tata cara dalam penggunaan
logo baru, sehingga lebih konsisten dan bijak dalam menggunakan logo.