Abstract :
Perkembangan game yang terus berkembang dari waktu kewaktu diiringi oleh
perkembangan media baru atau new media membuat pemain tidak hanya melihat
permainan dari sudut pandang biasanya melainkan dengan membawa pemain
masuk ke dalam permainan. Media baru membuat pemain merasa berada dalam
permainannya dengan sebuah virtual reality. Dengan virtual reality pemain dapat
seolah-olah berada langsung pada dunia permainan dengan pola interaksi yang
berbeda dengan permainan biasanya. Oleh karena itu penulis ingin membuat sebuah
virtual reality (VR), dimana makanan khas kebudayaan tionghoa Indonesia yang
ditampilkan melalui UI dan UX yang bisa membuat pengguna nyaman, juga
pengguna dapat berinteraksi dengan kebudayaan Tionghoa Peranakan. Pembahasan
UI dan UX pada penulisan ini mencangkup permainan digital ?Aseng?s Adventure:
Pecinan?. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuantitatif yaitu
dengan mendesain beberapa pola interaksi dan menerapkannya ke permainan.