Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Trilaksono, Herdianto
Subject
381 Commerce (Trade, Incl. Branding, Marketing and Warehousing)
Datestamp
2022-12-01 02:11:26
Abstract :
Berkembangnya industri makan dan minum di Indonesia, melibatkan para pelaku
industri tersebut melakukan berbagai inovasi. Salah satu pelaku industri yang telah
lama terlibat adalah Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih. Brand yang telah berdiri
sejak tahun 1958 tersebut telah lama dikenal oleh masyarakat Jakarta. Setelah
memulai perkembangannya di Kebon Sirih, Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih
telah tersebar di Jakarta dan Tangerang Selatan, dengan total 6 cabang.
Meski demikian, berdasarkan hasil riset, penulis mendapatkan bahwa Nasi
Goreng Kambing Kebon Sirih memiliki tingat brand awareness yang rendah. Tidak
banyak responden mengetahui tentang eksistensi Nasi Goreng Kambing Kebon
Sirih, mulai dari tahun berdirinya, logonya, sampai penyebaran cabang-cabangnya.
Mendasari hal tersebut, perancangan ulang brand identity berupa logo Nasi Goreng
Kambing Kebon Sirih merupakan satu upaya untuk menyampaikan kembali brand
yang terkenal dengan daging kambingnya yang empuk kepada masyarakat.
Perancangan ulang brand identity berupa logo, berikut dengan graphic standard
manual sebagai panduan konsistensi penyampaian dan penggunaan logonya.
Kata kunci : brand, logo, identitas visual, nasi goreng kambing kebon sirih.