Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Oktaviani, Yosefa, Veronika
Subject
HJ9702 Accounting Information Systems
Datestamp
2017-07-28 09:37:25
Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji, memberi bukti empiris dan
menganalisa pengaruh kualitas sistem informasi akuntansi, kualitas informasi
akuntansi dan persepsi manfaat terhadap kepuasan pengguna akhir serta kepuasan
pengguna akhir terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi. Objek dalam
penelitian ini adalah perusahaan retail yang terletak di wilayah Tangerang dan
Jakarta, seperti Giant, Carrefour, Matahari Department Store, Gramedia, Karisma,
dan lain-lain.
Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan data primer yaitu
kuesioner. Kuesioner disampaikan secara langsung kepada responden dan terdapat
85 kuesioner yang dapat digunakan. Untuk menganalisis hubungan antar variabel,
peneliti menggunakan model regresi. Sedangkan untuk menganalisis variabel
intervening menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) kualitas sistem informasi akuntansi tidak
memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna akhir, (2) kualitas
informasi akuntansi memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan pengguna
akhir, (3) persepsi manfaat memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan
pengguna akhir, (4) kepuasan pengguna akhir memiliki pengaruh signifikan
terhadap penggunaan sistem informasi akuntansi, (5) kepuasan pengguna akhir
tidak mampu menjadi mediasi antara kualitas sistem informasi akuntansi dengan
penggunaan sistem informasi akuntansi, (6) kepuasan pengguna akhir mampu
menjadi mediasi antara kualitas informasi akuntansi dengan penggunaan sistem
informasi akuntansi, (7) kepuasan pengguna akhir mampu menjadi mediasi antara
persepsi manfaat dengan penggunaan sistem informasi akuntansi.