DETAIL DOCUMENT
Konstruksi citra pria dalam majalah wanita (analisis framing rubrik 'oh man' dalam majalah chic edisi Agustus - Desember 2012)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Thea, Debora
Subject
HD30.2 Branding 
Datestamp
2017-09-27 09:28:30 
Abstract :
Media massa memiliki peran signifikan yang besar dalam pembentukkan persepsi mengenai bagaimana sosok pria dan wanita. Sebagai salah satu media massa, majalah melakukan penggambaran terhadap pria dan wanita, seperti penggambaran wanita di majalah khusus pria. Majalah menjadi media yang bukan hanya sekedar saluran yang bebas, tetapi juga sebagai subjek yang mengkonstruksi realitas, dalam hal ini konstruksi citra pria. Penelitian ini difokuskan pada rubrik ?Oh Man? dalam majalah CHIC edisi Agustus ? Desember 2012 dengan menggunakan teknik analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Jenis penelitian ini deskriptif dengan metode analisis isi kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pria memiliki sifat maskulin tradisional, dominan dan sebagai sosok yang melindungi dan dapat diandalkan oleh wanita. Sosok pria yang dikonstruksikan merupakan gambaran pria pada umumnya, dan gambaran tersebut merupakan persepsi dari CHIC sendiri yang memungkinkan berbeda dengan persepsi media lainnya. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara