Abstract :
Media massa memiliki peran signifikan yang besar dalam pembentukkan
persepsi mengenai bagaimana sosok pria dan wanita. Sebagai salah satu media
massa, majalah melakukan penggambaran terhadap pria dan wanita, seperti
penggambaran wanita di majalah khusus pria. Majalah menjadi media yang bukan
hanya sekedar saluran yang bebas, tetapi juga sebagai subjek yang
mengkonstruksi realitas, dalam hal ini konstruksi citra pria.
Penelitian ini difokuskan pada rubrik ?Oh Man? dalam majalah CHIC edisi
Agustus ? Desember 2012 dengan menggunakan teknik analisis framing
Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Jenis penelitian ini deskriptif dengan
metode analisis isi kualitatif.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa pria memiliki sifat maskulin
tradisional, dominan dan sebagai sosok yang melindungi dan dapat diandalkan
oleh wanita. Sosok pria yang dikonstruksikan merupakan gambaran pria pada
umumnya, dan gambaran tersebut merupakan persepsi dari CHIC sendiri yang
memungkinkan berbeda dengan persepsi media lainnya.