Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Maulidya, Equita
Subject
338 Production (Agriculture, Business Enterprise, Extraction of Minerals, General Production)
Datestamp
2022-01-29 05:03:18
Abstract :
Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah pengaruh
terpaan tayangan iklan di televisi terhadap minat beli khalayak. Tujuan dari
penelitian ini untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar
pengaruh tersebut antara terpaan tayangan iklan produk kecantikan
Maybelline Clear Smooth All In One di televisi terhadap minat beli
khalayak, khususnya mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia
Nusantara angkatan 2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner
kepada 140 mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Multimedia Nusantara
angkatan 2012. Teknik penarikan sample yang digunakan adalah simple
random sampling. Penelitian ini juga menggunakan method of succesive
interval (MSI) untuk menganalisis hasil regresi sederhana. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan
tayangan iklan produk kecantikan di televisi terhadap minat beli khalayak.
Terpaan tayangan iklan produk kecantikan Maybelline Clear Smooth All In
One di televisi mampu mempengaruhi minat beli khalayak sebesar 51,8%
sedangkan sisanya 48,2% dipengaruhi oleh faktor lain diluar penelitian ini.