Abstract :
Strategi Majalah Baru Travel di Indonesia dalam Upaya Mendapatkan
Pembaca (Studi Kasus pada Majalah DestinAsian Indonesia)
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kondisi dunia travel di Indonesia yang
terus berkembang seiring bertumbuhnya jumlah wisatawan nasional dan
nusantara. Hal ini membuat kebutuhan informasi akan dunia perjalanan turut
meningkat. Industri majalah travel, yang merupakan salah satu media penyedia
informasi seputar perjalanan juga mengarah ke titik positif. Terbukti dengan
masuknya majalah baru yang lahir dari grup DestinAsian, yakni DestinAsian
Indonesia.
Sebagai pendatang baru, DestinAsian Indonesia mencoba masuk ke dalam
pasar yang ceruk untuk mendapatkan pembaca melalui strategi-strategi tertentu.
Untuk mendalami hal tersebut, dibentuk rumusan masalah dalam penelitian ini
yang berfokus pada bagaimana strategi DestinAsian Indonesia dalam upaya
mendapatkan audiens.
Teori dan konsep yang digunakan dalam penelitian strategi untuk
mendapatkan audiens ini antara lain Manajemen Media, Produk Media, Majalah,
Audiens, Niche Market, The Five Competitive Forces, serta Strategi Umum.
Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
postpositivisme dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, metode penelitian studi
kasus, serta teknik pengumpulan data berupa wawancara dan studi dokumen.
Hasil penelitian menunjukan bahwa sebagai pendatang baru yang berada
dalam pasar ceruk, DestinAsian Indonesia menggunakan strategi Differentiation
Focus. Majalah ini menawarkan sesuatu yang berbeda melalui konten di berbagai
rubrik, terutama rubrik Feature. Selain itu, DestinAsian Indonesia juga
menghadirkan fitur yang berbeda melalui hasil sinergi antara majalah dengan
website yang saling mendorong pembaca untuk melakukan penelusuran pada dua
produk tersebut. Majalah ini menunjukan segmen pasarnya yang menyasar pada
kalangan menengah atas di mana DestinAsian Indonesia menjadi majalah pertama
yang menarget pada kelas atas.