Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Fellicya, Felintya
Subject
006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media
Datestamp
2022-10-21 07:45:12
Abstract :
Komunikasi merupakan suatu hal wajib yang tidak dapat dihindari oleh setiap manusia
karena pada dasarnya manusia merupakan mahluk sosial yang membutuhkan komunikasi
dalam melaksanakan aktifitas kesehariannya. Dengan adanya komunikasi yang terjadi di
antara banyak orang, maka terciptalah sebuah komunitas yang terdiri dari anggota ? anggota
yang memiliki kegemaran yang sama, komunitas dapat terbentuk dimana saja terlebih lagi
pada zaman sekarang ini dimana teknologi sudah semakin canggih, komunitas dapat
terbentuk di dalam dunia internet, dengan banyak nya media sosial yang bermunculan seperti
facebook, twitter, myspace, blog, tumblr, yahoo messanger, dan lainnya membuat individu ?
individu yang terpisah oleh kota, negara, dan benua dapat bertemu dan saling berinteraksi
melalui internet, karena itu komunitas sudah banyak tercipta melalui media sosial. Dengan
demikian ketika setiap anggota berinteraksi dalam media sosial mereka akan memiliki pola
komunikasi yang membedakan mereka dengan ketika mereka berinterkasi tatap muka.
Judul skripsi ini adalah ?Pola Komunikasi Komunitas Penggemar K-pop (Korean Pop)
melalui Media Sosial (twitter).? Tujuannya untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi
yang terjadi di dalam media sosial diantara komunitas K-pop dan juga untuk mengetahui
perilaku komunikasi yang terjadi di media sosial diantara komunitas K-pop. Model yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu model deskriptif dengan jenis data kualitatif dan
didukung oleh paradigma konstruktivis dan menggunakan metode penelitian etnografi
komunikasi. Instrumen penelitian adalah studi kepustakaan dan pedoman wawancara. Objek
penelitian ini yaitu komunitas penggemar K-pop dan subjek penelitian ini yaitu anggota
komunitas penggemar K-pop yang berjumlah 4 orang dan terdiri dari fanclub atau komunitas
yang berbeda ? beda. Analisis data dengan menggunakan teknik analisis data dalam
penelitian etnografi yang dikemukankan oleh Craswell dalam Kuswarno, Engkus (2011:68)
yaitu dengan melalui tiga tahap : deskripsi, analisis, dan intepretasi.
Dari hasil penelitian yang didapat anggota komunitas penggemar K-pop yang berinterkasi
dalam twittermemiliki ciri khas mereka masing ? masing di dalam menuliskan sebuah tweet,
ketika mereka berinteraksi biasanya akan didahulukan dengan perkenalan baru melanjutkan
interkasi atau sebaliknya, mereka memiliki simbol ? simbol yang mereka buat dari hasil
penggabungan huruf dan angka dalam keyboard untuk mengekspresikan perasaan mereka ke
dalam sebuah tweet, mereka juga memiliki kata ? kata slang yang mereka ambil dari bahasa
Korea dan kemudian mereka pelajari dan mereka tuliskan ke dalam sebuah tweet