Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Kusuma, Fifi
Subject
006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media
Datestamp
2022-02-11 02:50:43
Abstract :
Media komunikasi tersedia dalam berbagai jenis untuk mengakomodasi
komunikasi yang efektif. Di era teknologi informasi dan komunikasi yang telah
maju, mayoritas individu mengandalkan internet untuk berkomunikasi secara
online dan real-time tanpa terkendala jarak dan waktu. Kemajuan internet juga
berdampak aktivitas bisnis, sehingga dikenal istilah e-commerce yang berarti
proses transaksi jual-beli menggunakan internet.
Praktik bisnis e-commerce yang berlangsung di dunia maya mengharuskan
Public Relations untuk menciptakan komunikasi yang efektif antara perusahaan
dengan publiknya secara online yang menimbulkan istilah baru, yaitu Online
Public Relations. Salah satu media komunikasi online yang dapat digunakan
adalah social media yang perlu dikelola secara tepat agar dapat menstimuli
terbentuknya citra brand yang positif.
Situasi di atas melatarbelakangi pelaksanaan penelitian yang berjudul
?Pengaruh Social Media terhadap Brand Image Berrybenka di Kalangan Wanita
Dewasa Wilayah Jabodetabek (Studi Kasus pada Social Media Instagram
Berrybenka)?. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui lebih lanjut apakah
terdapat pengaruh antara social media terhadap brand image Berrybenka di
kalangan wanita dewasa wilayah Jabodetabek dan bagaiamana brand image yang
terbentuk di benak publik, khususnya kalangan wanita dewasa wilayah
Jabodetabek yang tergabung dalam akun social media Instagram Berrybenka.
Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model eksplanatif dengan
pendekatan kuantitatif. Instrumen utama dalam pengumpulan data adalah
kuesioner. Terdapat total 250 followers Instagram Berrybenka berdomisili di
Jabodetabek yang menjadi responden dalam penelitian. Analisis data hasil
kuesioner menggunakan skala Likert untuk mengukur sikap responden terhadap
brand Berrybenka yang akan membentuk brand image Berrybenka.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang
sangat kuat antara social media terhadap brand image, yaitu sebesar 0,714 dengan
tingkat pengaruh yang cukup signifikan dimana brand image Berrybenka
dipengaruhi oleh social media sebesar 51% dan sisanya 49% dipengaruhi oleh
faktor-faktor lain di luar penelitian