Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Santosa, Gideon Aprilio Putra
Subject
HD30 Strategic Communication
Datestamp
2017-09-28 01:39:14
Abstract :
Terdapat sejumlah tantangan dan permasalahan pembangunan
kesehatan di masa depan yang diperkirakan akan bertambah berat, seperti
isu pelayanan kesehatan rujukan yang belum memenuhi standar, pelayanan
yang kurang profesional, belum optimalnya penerapan standar mutu
pelayanan kesehatan rujukan, dan pembiayaan kesehatan yang sulit
dijangkau. Sedangkan dari segi tantangan pelayanan kesehatan
kedepannya, hal yang harus dihadapi adalah globalisasi (pelayanan
kesehatan yang melampaui batas negara), teknologi kesehatan yang
semakin maju, dan kompetisi dari tenaga kesehatan asing. Untuk
mengatasi hal itu harus diupayakan melalui pemenuhan kualitas dan
kuantitas sumber daya manusia rumah sakit yang memadai, sekaligus
sebagai upaya menghadapi persaingan global. Dan General Electric (GE),
merupakan salah satu perusahaan yang ambil bagian dalam hal ini.
Bisnisnya bersifat Business Market Customers (B2B), khususnya rumah
sakit dan berfokus pada alat-alat besar untuk keperluan scanning.
Berdasarkan hal itu, maka langkah-langkah yang dilakukan dalam
bisnis mereka berbeda dibandingkan dengan korporasi yang fokus pada
B2C. Termasuk dalam hal membangun, membina, dan menjaga relasi
dengan pelanggan ke arah loyalitas, yang disebut sebagai Customer
Relationship Management (CRM), sekaligus menjadi topik yang ingin
diteliti secara mendalam oleh peneliti. Penelitian ini menggunakan five
CRM priorities strategy in business markets menurut Darrell K. Rigby
dalam (Hutt dan Speh, 2007: 102)
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, metode studi
kasus, serta menggunakan paradigma post-positivisme, sebagai dasar bagi
peneliti untuk melakukan penelitian. Melalui metode ini, peneliti dapat
menganalisis data secara komprehensif. Sedangkan hasil yang didapat
menunjukkan bahwa layanan aftersales dan edukasi secara intensif menjadi
dasar utama bagi GE Healthcare dalam memberikan pelayanan terbaik bagi
customernya.