Abstract :
Latar belakang dalam penelitian ini adalah mengenai media massa yang
dapat mempengaruhi penonton, dalam hal ini media televisi, terutama Metro TV
dan TV ONE dalam tayangan Metro Hari Ini dan Kabar Petang. Perumusah
masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah kepuasan penonton
tayangan Metro Hari Ini dan Kabar Petang dalam memberikan informasi.
Sedangkan tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan
pemirsa atau penonton Metro TV dan TV ONE dan seberapa besar tingkat
kepuasan dari terpaan media terhadap penonton.
Penelitian ini menggunakan teori uses and gratification memusatkan
perhatian pada penggunaan (uses) media untuk mendapatkan kepuasan
(gratification) atas kebutuhan khalayak (Elvinaro, 2007: 73).
Jenis Penelitian yang digunakan adalah penelitian ini, sifat yang digunakan
adalah penelitian eksplanatif. Penelitian eksplanatif menjelaskan bahwa penelitian
ini menunjukkan adanya korelasi antara gejala sosial satu (variabel X) dengan
gejala sosial lainnya (variable Y). Metode penelitian yang digunakan survey
penyebaran kuesioner yang disebarkan kepada 50 responden yang seluruhnya
menonton tayangan Metro Hari Ini dan Kabar Petang. Teknik penarikan sampel
yang digunakan purposive sampling, karena responden haruslah mereka yang
menonton Metro TV atau TV One.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa responden merasa cukup
terpuaskan dengan tayangan Metro TV karena memiliki nilai sebesar 42%. Dalam
hal ini berdasarkan kategori kepuasan yang dibagi oleh peneliti, Metro TV lebih
unggul dalam memberikan sebuah tayangan dibandingkan dengan TV ONE yang
hanya memiliki nilai sebesar 14%, dalam hal ini pemirsa tidak merasa terpuaskan
dari tayangan Kabar Petang.