Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Hayadi, Jessica
Subject
050 Magazines, Journals and Serials
Datestamp
2022-01-12 06:59:39
Abstract :
Dalam memutuskan investasi, biasanya investor mencari informasi
tentang sebuah perusahaan dari annual report perusahaan tersebut. Annual
report juga memiliki banyak fungsi yaitu membentuk citra, mengkomunikasikan
reputasi, memperkuat kredibilitas, dan lain-lain. Sehingga annual report
merupakan media public relations yang penting dalam sebuah perusahaan.
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah financial public
relations, proses penyusunan annual report dari Robert Roth dan kredibilitas
perusahaan.Metode penelitian ini adalah studi kasus. Jenis penelitian bersifat
deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data dengan
wawancara serta studi kasus dengan objek PT Intiland Development Tbk.
Hasil penelitian diperoleh bahwa annual report Intiland selain sebagai
pemenuh kewajiban juga merupakan niat baik dari perusahaan untuk
bertanggung jawab kepada publik. Sehingga annual report dibuat sejujur dan
setransparan mungkin tanpa adanya unsur promosi sehingga informasi yang
diberikan tidak terdistorsi. Key message annual report ini disesuaikan dengan
tujuan perusahaan pada tahun 2014, tetap bertumbuh dengan mengembangkan
proyek-proyek besar, yaitu mempertahankan pertumbuhan di masa ekonomi
makro yang sulit. Sehingga lewat key message ini, stakeholder dapat melihat
kondisi perusahaan didukung dengan informasi yang diutarakan secara
transparan dan lengkap dan berujung kepada stakeholder yang tetap percaya
dan terus mendukung PT Intiland Development Tbk.Dengan prinsip Intiland yang
tebuka dan jujur dalam penyusunan annual report dapat membantu Intiland
memperkuat kredibilitas perusahaan