DETAIL DOCUMENT
Pengaruh terpaan iklan produk susu wrp terhadap persepsi tentang tubuh ideal oleh wanita (studi eksplanatif pada iklan susu wrp versi limiter edition terhadap anggota dari pop pilates methode studio, jakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Jovita, Jovita
Subject
380 Commerce, communications transportation 
Datestamp
2022-06-07 03:44:13 
Abstract :
Televisi merupakan media yang menyediakan informasi dan hiburan kepada khalayak luas. Munculnya televisi memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan lokal, nasional, maupun multinasional untuk mengenalkan merek-merek mereka kepada penonton yang sesuai dengan target yang diinginkan. Pengenalan dan pemberian informasi tersebut diberikan kepada masyarakat melalui iklan. Iklan dapat menjadi daya tarik bagi penontonnya melalui cara yang rasional dan emosional. Daya tarik emosional inilah yang seringkali merugikan masyarakat, yaitu membuat penonton menggunakan produk atau jasa yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan karena pembuat iklan menyentuh aspek psikologis yang dirasakan oleh targetnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan seberapa besar pengaruh terpaan tayangan iklan WRP versi limited edition terhadap persepsi mengenai tubuh ideal oleh wanita. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori model efek behavioral yang telah dikembangkan oleh Comstock pada tahun 1978. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksplanatif kuantitatif dengan metode kuisioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada anggota member POP Pilates Studio yang berjumlah 300 orang. Teknik sample yang digunakan adalah purposive sampling. Sample yang dipakai dalam penelitian ini berjumlah 63 orang. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Jenjang pendidikaan karekteristik responden dapat dilihat sebanyak 23 responden memiliki jenjang pendidikan terakhir SMU/Sederajat, sebanyak 35 responden memiliki jenjang pendidikan terakhir D3/S1, sebanyak 5 responden memiliki jenjang pendidikan terakhir S2/S3. Hasil penelitian menunjukan bahwa terpaan iklan WRP versi Limited Edition memberikan pengaruh sebesar 47,9% terhadap persepsi tentang bentuk tubuh yang ideal oleh wanita, sedangkan sisanya sebesar 52.1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara