Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Jovita, Jovita
Subject
380 Commerce, communications transportation
Datestamp
2022-06-07 03:44:13
Abstract :
Televisi merupakan media yang menyediakan informasi dan hiburan kepada
khalayak luas. Munculnya televisi memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan
lokal, nasional, maupun multinasional untuk mengenalkan merek-merek mereka
kepada penonton yang sesuai dengan target yang diinginkan. Pengenalan dan
pemberian informasi tersebut diberikan kepada masyarakat melalui iklan. Iklan dapat
menjadi daya tarik bagi penontonnya melalui cara yang rasional dan emosional. Daya
tarik emosional inilah yang seringkali merugikan masyarakat, yaitu membuat
penonton menggunakan produk atau jasa yang sebenarnya tidak benar-benar
dibutuhkan karena pembuat iklan menyentuh aspek psikologis yang dirasakan oleh
targetnya.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh dan
seberapa besar pengaruh terpaan tayangan iklan WRP versi limited edition terhadap
persepsi mengenai tubuh ideal oleh wanita. Teori yang digunakan dalam penelitian
ini adalah teori model efek behavioral yang telah dikembangkan oleh Comstock pada
tahun 1978.
Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksplanatif kuantitatif
dengan metode kuisioner. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan
kuisioner kepada anggota member POP Pilates Studio yang berjumlah 300 orang.
Teknik sample yang digunakan adalah purposive sampling. Sample yang dipakai
dalam penelitian ini berjumlah 63 orang. Skala yang digunakan dalam penelitian ini
adalah skala Likert.
Jenjang pendidikaan karekteristik responden dapat dilihat sebanyak 23
responden memiliki jenjang pendidikan terakhir SMU/Sederajat, sebanyak 35
responden memiliki jenjang pendidikan terakhir D3/S1, sebanyak 5 responden
memiliki jenjang pendidikan terakhir S2/S3. Hasil penelitian menunjukan bahwa
terpaan iklan WRP versi Limited Edition memberikan pengaruh sebesar 47,9%
terhadap persepsi tentang bentuk tubuh yang ideal oleh wanita, sedangkan sisanya
sebesar 52.1% dijelaskan oleh variabel lain diluar penelitian ini