Abstract :
Khalayak dianggap aktif dalam memilih media massa yang dianggap
sesuai dengan kebutuhannya, yang dilatar belakangi oleh motif tertentu. Dalam
menggunakan media massa, terjadi proses evaluasi dimana kebutuhan khalayak
tersebut dapat terpenuhi atau tidak. Hal ini juga dapat mempengaruhi pilihan
khalayak dalam menggunakan media massa. Apabila media tersebut tidak dapat
memenuhi kebutuhan khalayak, maka di masa yang akan datang, khalayak akan
memilih media lain untuk memenuhi kebutuhannya.
Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Internet kini
menjadi sebuah media sosial masyarakat. Dalam media sosial ini, masyarakat
dapat berbagi informasi secara mudah dan dalam waktu yang singkat. Situs
jejaring sosial yang populer saat ini adalah twitter. Twitter merupakan jejaring
sosial mikroblogging yang banyak digunakan oleh masyarakat, salah satunya
untuk memperoleh informasi. Penelitian ini meneliti apakah ada kepuasan
khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Selain itu juga dicari
hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun
Kompas.com di twitter.
Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat eksplanatifasosiatif
untuk mengetahui kekuatan hubungan antara kedua variabel motivasi dan
kepuasan. Digunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel
menggunakan simple random sampling dengan responden sebanyak 64
mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN peminatan Jurnalistik angkatan 2010 yang
mengikuti akun Kompas.com di twitter.
Pada penelitian ini digunakan teori Uses and Gratification dengan
penjabaran teori Gratification Sought (motif khalayak mengakses akun
Kompas.com di twitter) dan Gratification Obtained (kepuasan setelah mengakses
akun Kompas.com di twitter). Dalam teori ini dijelaskan bahwa khalayak bersifat
aktif memilih memilih dan menggunakan media.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat hubungan yang sangat kuat
antara motif khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Namun
akun Kompas.com di twitter tidak cukup memuaskan khalayaknya karena
diperoleh hasil nilai motif khalayak (GS) lebih besar daripada kepuasan khalayak
(GO).