DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun kompas.com di twitter (analisis khalayak kepada mahasiswa ilkom jurnalistik UMN angkatan 2010)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Priscilla, Priscilla
Subject
P87-96 Communication. Mass media 
Datestamp
2020-09-07 02:35:42 
Abstract :
Khalayak dianggap aktif dalam memilih media massa yang dianggap sesuai dengan kebutuhannya, yang dilatar belakangi oleh motif tertentu. Dalam menggunakan media massa, terjadi proses evaluasi dimana kebutuhan khalayak tersebut dapat terpenuhi atau tidak. Hal ini juga dapat mempengaruhi pilihan khalayak dalam menggunakan media massa. Apabila media tersebut tidak dapat memenuhi kebutuhan khalayak, maka di masa yang akan datang, khalayak akan memilih media lain untuk memenuhi kebutuhannya. Internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat. Internet kini menjadi sebuah media sosial masyarakat. Dalam media sosial ini, masyarakat dapat berbagi informasi secara mudah dan dalam waktu yang singkat. Situs jejaring sosial yang populer saat ini adalah twitter. Twitter merupakan jejaring sosial mikroblogging yang banyak digunakan oleh masyarakat, salah satunya untuk memperoleh informasi. Penelitian ini meneliti apakah ada kepuasan khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Selain itu juga dicari hubungan antara motif dan kepuasan mahasiswa dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif yang bersifat eksplanatifasosiatif untuk mengetahui kekuatan hubungan antara kedua variabel motivasi dan kepuasan. Digunakan metode survei dengan teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling dengan responden sebanyak 64 mahasiswa Ilmu Komunikasi UMN peminatan Jurnalistik angkatan 2010 yang mengikuti akun Kompas.com di twitter. Pada penelitian ini digunakan teori Uses and Gratification dengan penjabaran teori Gratification Sought (motif khalayak mengakses akun Kompas.com di twitter) dan Gratification Obtained (kepuasan setelah mengakses akun Kompas.com di twitter). Dalam teori ini dijelaskan bahwa khalayak bersifat aktif memilih memilih dan menggunakan media. Berdasarkan hasil yang diperoleh, terdapat hubungan yang sangat kuat antara motif khalayak dalam mengakses akun Kompas.com di twitter. Namun akun Kompas.com di twitter tidak cukup memuaskan khalayaknya karena diperoleh hasil nilai motif khalayak (GS) lebih besar daripada kepuasan khalayak (GO). 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara