Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Putra, Rahma Dwi
Subject
320 Political Science (Politics, Government Management, Nationalism, Political Ideologies)
Datestamp
2022-01-20 07:22:04
Abstract :
Latar belakang penelitian ini adalah keaktifan khalayak dalam menggunakan
sebuah media berdasarkan kebutuhannya masing-masing. Ketika mengkonsumsi
media, khalayak akan dipengaruhi oleh motif-motif tertentu yang mendorong mereka
dan kemudian mendapatkan kepuasan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui motif khalayak mahasiswa dalam menonton program Indonesia Lawyers
Club (ILC) di TV One dan mengetahui perbedaan tingkat kepuasan antara khalayak
mahasiswa fakultas hukum dengan khalayak mahasiswa fakultas ekonomi.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Uses and
Gratification dengan Gratification Sought (motif menonton ILC) dan Gratification
Obtained (kepuasan menonton ILC) sebagai variabelnya. Pada akhir penelitian,
penulis melakukan uji hipotesis yang dilakukan menggunakan uji t karena penelitian
ini bermaksud untuk melihat perbedan kepuasan yang terjadi antara mahasiswa
fakultas hukum dengan mahasiswa fakultas ekonomi.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif yang
bersifat deskriptif. Metode penelitian dilakukan dengan metode survey menggunakan
kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Teknik pengambilan sample untuk
menentukan sample yang diambil adalah dengan menggunakan teknik purposive
sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan tingkat kepuasan yang
signifikan antara mahasiswa fakultas hukum dengan tingkat kepuasan mahasiswa
ekonomi dalam menonton program Indonesia Lawyers Club (ILC) di TV One.