Abstract :
Masyarakat dalam usaha memperoleh informasi salah satunya
dengan televisi, selain memberi pengetahuan televisi juga menghibur.
Media massa televisi pada umumnya menarik penonton dengan tayangan
hiburannya seperti talk show, acara musik, kuis, sinetron, dan lain
sebagainya. Tayangan menarik ini tentu digunakan untuk menarik audien
yang berimbas pada pengiklan. Televisi khusus berita pun memerlukan
pengiklan untuk terus menghidupi keberlangsungan media nya, salah satu
yang digunakan yakni dengan pembuatan berita yang menarik bagi audien.
Judul skripsi ini adalah ?ANALISIS PROSES GATEKEEPING
PRODUKSI BERITA TV DI PROGRAM METRO SIANG?. Tujuannya
adalah untuk melihat proses gatekeeping berita TV dalam redaksi Metro
Siang memproduksi tayangan berita. Penelitian ini difokuskan pada hasil
observasi dalam kurun waktu 23 Mei 2013-13 Juni 2013 dengan
mengkhususkan pada lima level teori gatekeeping Pamela J Shoemaker
dan Stephen D. Reese. Model yang digunakan dalam penelitian yaitu
model deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif menggunakan
paradigma post positivis.
Dari hasil penelitian menunjukan, level-level di dalam proses
gatekeeping selalu terjadi dalam produksi berita. Dalam tayangan berita
TV di Metro Siang, level ekstramedia memiliki kekuatan yang dominan
dibandingkan dengan level-level gatekeeping lainnya. Berbagai hal yang
berkaitan dengan produksi berita selalu mempetimbangkan konten berita
yang lebih bersifat soft news untuk meningkatkan rating dan share guna
menarik audien juga pengiklan.