Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Natashia, Maria
Subject
126 The self (personal identity, personality, personal branding)
Datestamp
2022-05-27 05:22:50
Abstract :
Menghadapi persaingan ketat di setiap bidang pekerjaan termasuk di dunia
hiburan, membuat setiap pribadi harus mampu membangun diri sebagai brand
dengan melakukan kegiatan Personal Branding. Di sisi lain, perkembangan
internet dan kehadiran media sosial telah membuat pola komunikasi masyarakat
mengalami perubahan. Perubahan pola komunikasi yang terjadi turut
mempengaruhi kegiatan Personal Branding yang dilakukan para selebriti di
Indonesia untuk membedakan diri dari selebriti lainnya. Pevita Pearce merupakan
salah satu selebriti yang memanfaatkan media sosial khususnya Instagram untuk
mengkomunikasikan Personal Brand-nya sebagai seorang FashionPreneur
disamping sebagai pemain film.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembentukan Personal
Brand Pevita Pearce sebagai FashionPreneur serta langkah-langkah Online
Personal Branding yang dilakukan melalui media sosial Instagram. Untuk itu,
penelitian ini menggunakan model Online Personal Branding serta Twelve Steps
of Online Personal Branding dari Ryan Frischmann.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh
peneliti melalui wawancara mendalam subjek penelitian. Dari hasil penelitian
dapat dipahami bahwa dalam proses pembentukan Personal Brand sebagai
FashionPreneur, elemen Aura memiliki peranan paling dominan karena melalui
gaya dan penampilan, Pevita mampu mengkomunikasikan konsep diri ke hadapan
publik. Sementara dalam melakukan Personal Branding, ada beberapa langkah
yang ditempuh Pevita yakni diawali dengan proses memahami diri dan
kemampuan yang dimiliki, mengidentifikasi target audiens dan kompetitor,
membangun saluran komunikasi yang ingin digunakan, mengkomunikasikan
kemampuan, menganalisa umpan balik, melakukan perkembangan diri, memenuhi
ekspektasi publik hingga senantiasa mengikuti perkembangan teknologi