Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Ansrika, Tobias Nanto Mar Den Ce
Subject
P87-96 Communication. Mass media
Datestamp
2017-09-27 09:14:15
Abstract :
Twitter adalah cara yang luar biasa untuk berbagi mengenai berita yang
sedang terjadi dan untuk menyebarkannya segera kepada jutaan pengguna Twitter.
Banyak media berita yang sudah mainstream kini memiliki setidaknya satu akun Twitter
dan lebih banyak lagi yang dipunya oleh para reporter dan staffnya untuk mendengarkan
dan ikut berbincang dengan para audience nya. Media-media berita kini memiliki jutaan
followers di akun Twitternya yang digunakan untuk berbagi berita dan engage dalam
perbincangan aktif dengan para followers nya.
Judul skripsi ini adalah Tingkat Kepuasan Informasi Akun Twitter Metro TV.
Tujuannya adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan informasi mahasiswa dalam
mengakses akun @Metro_TV di Twitter. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini
adalah penelitian kuantitatif dengan sifat eksplanatif-asosiatif. Metode yang digunakan
adalah metode survey. Sampel yang digunakan adalah 52 mahasiswa FIKOM peminatan
jurnalistik angkatan 2010 UMN yang mengikuti akun @Metro_TV di Twitter.
Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada sejumlah mahasiswa ILKOM
UMN peminatan Jurnalistik angkatan 2010 sebagai responden dari penelitian, maka
disimpulkan adanya hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,128 antara motif
mahasiswa ILKOM UMN peminatan Jurnalistik dalam mengakses akun twitter Metro_Tv
dengan kepuasan mahasiswa.
Sedangkan berdasarkan hasil pengukuran GS dan GO yang dibuat oleh Philip
Palmgreen, dalam penelitian ini dihasilkan bahwa GS>GO. Motif mahasiswa mengakses
akun twitter Metro_Tv (GS) dinotasikan 3.440 dan kepuasan mahasiswa (GO)
dinotasikan 3.444. Maka terjadi kesenjangan kepuasan karena kebutuhan yang diperoleh
lebih banyak dibandingkan dengan kebutuhan yang diinginkan. Dengan kata lain, adanya
kepuasan mahasiswa ILKOM UMN peminatan Jurnalistik dalam mengakses akun twitter
Metro_Tv.