Abstract :
Brand sebagai identitas produk atau jasa memiliki peranan untuk menjaga
kepercayaan dan loyalitas konsumen. Namun seringkali brand perlu diubah
dengan menyesuaikan tujuan perusahaan maupun faktor eksternal seperti
perubahan kebutuhan konsumen.
P&B Coffee Shop merupakan coffee shop yang dibuka pada November 2013
merupakan brand baru yang menggantikan brand sebelumnya bar Pan & Barrel di
Pantai Indah Kapuk.
P&B Coffee Shop menerapkan rebranding revolutionary yang meliputi
perubahan pada nama, logo, desain, positioning, konsep dan menu. Rebranding
yang dilakukan dapat memberikan dampak meningkatkan kepercayaan dan brand
loyalty konsumen atau sebaliknya membuat konsumen tidak lagi percaya dan
loyal terhadap brand. Kunci untuk dapat mentransfer kepercayaan dan brand
loyalty dalam proses rebranding adalah melalui komunikasi.
Hal ini menjadi ketertarikan penulis untuk menguji apakah P&B Coffee Shop
berhasil mentransfer atau justru menghilangkan kepercayaan dan brand loyalty
konsumen melalui rebranding yang dilakukan. Untuk menguji hal tersebut maka
penulis menggunakan pendekatan kuantitatif dalam penelitian guna memperoleh
kesimpulan yang dapat digeneralisasi.
Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling untuk melihat
pengaruh rebranding pada konsumen dengan kriteria yang sudah ditentukan.
Untuk mengukur hubungan dan pengaruh dilakukan dengan korelasi Pearson,
regresi dan uji T.
Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini ialah P&B Coffee Shop berhasil
mengkomunikasikan rebrandingnya dengan baik sehingga meningkatkan
kepercayaan dan brand loyalty dari konsumen sebelumnya bar Pan & Barrel serta
meningkatkan jumlah konsumen dengan brand baru