Abstract :
PT Infracom Technology adalah salah satu perusahaaan yang bergerak di
bidang IT. Terbatas nya Sumber Daya Manusia dalam bidang IT adalah tantangan
yang dihadapi perusahaan untuk bisa bertahan dalam industri bisnis. Employee
relations merupakan salah satu komponen penting dalam aktivitas Public
Relations. Dalam kegiatan employee relations yang paling penting adalah
bagaimana merancang sistem komunikasi yang mampu menyampaikan pesan
secara internal, sehingga bisa dipahami atau dikenal oleh para karyawan internal.
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan konsep strategi
employee relations, dengan mengacu pada model HR Communications serta
menggunakan konsep tentang loyalitas karyawan. Penelitian ini menggunakan
sudut pandang post positivism dan menggunakan metode kualitatif deskriptif.
Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, studi
kepustakaan, data perusahaan dan pemberitaan media.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa terjadi permasalah internal yang
cukup kompleks di dalam perusahaan PT Infracom Technology. Budaya
organisasi yang diterapkan adalah budaya kekeluargaan. Disamping itu PT
Infracom Technology mempunyai sejumlah program internal untuk membangun
hubungan antara sesama karyawan dan sesama atasan dan bawahan, hal tersebut
melalui program outing, training dan program kerja berprestasi lainnya.
Strategi employee relations yang diterapkan oleh PT Infracom
Technology dalam membangun loyalitas karyawan adalah dengan menanamkan
nilai nilai, tujuan bisnis perusahaan dan membangun hubungan intensif dengan
para karyawan melalui program program internal, dan pemberdayaan karyawan.
Implementasi program internal di PT Infracom Technology berupa program
tamasya yang dilakukan tahunan, program pelatihan, penghargaan karyawan
berprestasi setiap tahunnya, dan juga menerapkan sistem hukuman dan
penghargaan untuk memberikan motivasi dan peringatan pada karyawan.