Abstract :
Meningkatnya persaingan di dalam bisnis asuransi membuat banyak perusahaan
asuransi harus mempersiapkan berbagai strategi untuk bertahan dalam
industrinya. Agen asuransi bagi sebuah perusahaan asuransi merupakan front liner
atau gerbang utama untuk dapat memenangkan persaingan asuransi dewasa ini.
Mararaknya persaingan di bisnis asuransi, nama asuransi yang kurang baik untuk
diterima di masyarakat, serta kesadaran masyarakat Indonesia akan pentingnya
asuransi sebagai salah satu pemenuhan rasa aman mereka menjadikan perusahaan
asuransi harus mulai bersaing untuk memperebutkan pasar.
Pengurangan ketidakpastian akan nama asuransi yang sudah dinilai buruk di
masyarakat dinilai sebagai salah satu cara yang dapat digunakan untuk
memenangkan kembali persaingan di bisnis asuransi. Hal-hal yang terkait dalam
pengurangan ketidakpastian ini dapat diterapkan dengan cara berkomunikasi,
pasalnya dengan komunikasi orang mampu membuat jarak/gap yang ada menjadi
semakin sedikit, tidak jarang komunikasi antarpribadi antara agen dan nasabah
harus diterapkan guna memberikan kepastian bagi calon nasabah akan produk
yang dipilihnya. Di samping itu, pentingnya kredibilitas yang dimiliki agen juga
akan mempengaruhi seberapa besar calon nasabah untuk memutuskan membeli
produk kepada agen yang bersangkutan, hal ini karena kredibilitas komunikator
juga mengambil andil dalam mengurangi ketidakpastian yang ada dibenak para
calon nasabahnya.
Penelitian dengan judul ?Pengaruh Komunikasi Antarpribadi dan Kredibilitas
Agen Asuransi Terhadap Keputusan Pembelian Asuransi? ini bertujuan untuk
melihat adakah pengaruh komunikasi antarpribadi dan kredibilitas agen asuransi
dalam mempengaruhi keputusan pembelian nasabah. Model yang digunakan
dalam penelitian ini adalah model deskriptif dengan jenis data kuantitatif dan
instrumen penelitian berupa penyebaran kuisioner. Responden penelitian adalah
para nasabah yang telah membeli polis dari salah satu dari 4 orang agen PT
Prudential Life Assurance yang memiliki posisi/pangkat diperusahaan yang
bersangkutan.
Dari hasil penelitian ditemukan hasil variabel X1 (komunikasi antarpribadi) dan
X2 (kredibilitas agen) mempengaruhi Y (keputusan pembelian) hal ini dapat
dibuktikan melalui hasil kuisioner yang disebarkan dan bukti berupa data dalam
analisis penelitian