Abstract :
Semakin berkembanganya penggunaan smartphone di Indonesia membuat
para penyedia jasa telekomunikasi berlomba-lomba untuk menyediakan berbagai
macam aplikasi guna menunjang kumudahan berkomunikasi bagi para
penggunanya. Tidak terkecuali line.Line merupakan salah satu aplikasi instant
messaging yang banyak di gemari oleh penduduk Indonesia merupakan salah satu
pelopor dari instant messaging berstiker. Salah satu inovasi terbaru dari line
adalah aplikasi Line Find Alumni.
Sebagai sebuah aplikasi yang baru, maka diperlukan sebuah pengenalan
merek agar dapat dikenal oleh para penggunanya dan khalayak luas. Untuk itulah
pihak line mengeluarkan sebuah mini drama yang ditonton melalui media youtube
sebagai salah satu strategi untuk membangun brand awareness aplikasi tersebut.
Berdasarkan latarbelakang di atas, maka penulis tertarik untuk meneliti
kegiatan tersebut, sehingga penelitian ini diberi judul ?Pengaruh Terpaan Video
Mini Drama AADC2 di Youtube Terhadap Brand Awareness Aplikasi Line Find
Alumni?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah pengaruh
terpaan video mini drama AADC2 di youtube terhadap brand awareness aplikasi
line find alumni. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan
menggunakan paradigma positivistik, dan jenis penelitian eksplanatif. Instrument
utama dalam pengumpulan data adalah kuisioner dan analisis data kuisioner
menggunakan skala Likert, terdapat 399 responden dalam penelitian ini.
Hasil penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat hubungan
positif yang cukup kuat antara terpaan video mini drama AADC2 di youtube
dengan brand awareness aplikasi line find alumni sebesar 0,442 dimana brand
awareness aplikasi line find alumni dipengaruhi oleh terpaan video mini drama
AADC2 di youtube sebesar 19,5% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor-faktor
lain.