Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya televisi lokal di berbagai
daerah di Indonesia, salah satunya Cahaya Televisi Banten yang berlokasi di daerah Banten.
Hallo Tangerang merupakan salah satu program CTV Banten yang memfokuskan informasi
mengenai wilayah Tangerang dan sekitarnya. Untuk itu, penelitian ini ingin mengetahui
apakah Cahaya Televisi Banten, melalui program berita Hallo Tangerang dikonsumsi dan
memenuh kebutuhan informasi khalayak Tangerang.
Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang mengasumsikan
khalayak aktif untuk memilih media untuk memenuhi kebutuhannya. Secara khusus
mengacu pada konsep dari Palmgreen tentang Expectance Value Theory (teori pengharapan
nilai), dimana kepuasan yang dicari khalayak dari media ditentukan oleh sikap khalayak
terhadap media. Kepercayaan khalayak untuk sesuatu media merupakan hasil dari evaluasi
khalayak setelah mengkonsumsi media tersebut.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan
metode penelitiannya adalah metode survei dengan kuisioner sebagai alat pengambilan data.
Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Tangerang yang menonton program Hallo
Tangerang. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui Multi Stage Sampling dengan
jumlah 99 responden. Teknik analisis data menggunakan uji Pearson Corelation.
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara
konsumsi program Hallo Tangerang dengan tingkat kepuasan informasi khalayak. Meskipun
demikian, besarnya hubungan antar kedua variabel termasuk dalam kategori rendah. Hal ini
terlihat dari rendahnya tingkat konsumsi atau tingkat frekuensi menonton Hallo Tangerang
yang berakibat pada rendahnya tingkat kepuasan informasi khalayak.