DETAIL DOCUMENT
Hubungan antara konsumsi program berita televisi local hallo tangerang dengan tingkat kepuasan khalayak (survei terhadap warga kec. ciledug, kab. tangerang – banten)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Prasodjo, As Safa
Subject
PN1990 Broadcasting 
Datestamp
2017-09-27 09:18:12 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena munculnya televisi lokal di berbagai daerah di Indonesia, salah satunya Cahaya Televisi Banten yang berlokasi di daerah Banten. Hallo Tangerang merupakan salah satu program CTV Banten yang memfokuskan informasi mengenai wilayah Tangerang dan sekitarnya. Untuk itu, penelitian ini ingin mengetahui apakah Cahaya Televisi Banten, melalui program berita Hallo Tangerang dikonsumsi dan memenuh kebutuhan informasi khalayak Tangerang. Penelitian ini menggunakan teori Uses and Gratifications yang mengasumsikan khalayak aktif untuk memilih media untuk memenuhi kebutuhannya. Secara khusus mengacu pada konsep dari Palmgreen tentang Expectance Value Theory (teori pengharapan nilai), dimana kepuasan yang dicari khalayak dari media ditentukan oleh sikap khalayak terhadap media. Kepercayaan khalayak untuk sesuatu media merupakan hasil dari evaluasi khalayak setelah mengkonsumsi media tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif dan metode penelitiannya adalah metode survei dengan kuisioner sebagai alat pengambilan data. Populasi dalam penelitian ini adalah warga Kota Tangerang yang menonton program Hallo Tangerang. Teknik pengambilan sampel dilakukan melalui Multi Stage Sampling dengan jumlah 99 responden. Teknik analisis data menggunakan uji Pearson Corelation. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan yang signifikan dan positif antara konsumsi program Hallo Tangerang dengan tingkat kepuasan informasi khalayak. Meskipun demikian, besarnya hubungan antar kedua variabel termasuk dalam kategori rendah. Hal ini terlihat dari rendahnya tingkat konsumsi atau tingkat frekuensi menonton Hallo Tangerang yang berakibat pada rendahnya tingkat kepuasan informasi khalayak. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara