Abstract :
Penelitian kualitatif ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana pertumbuhan
perguruan tinggi lebih besar dibandingkan dengan jumlah lulusan SMA. Universitas
Multimedia Nusantara (UMN) sebagai perguruan tinggi yang masih tergolong baru, mampu
mendapatkan banyak mahasiswa baru. Dalam hal ini, Integrated Marketing Communications
(IMC) dilihat sebagai salah satu cara untuk mencapai hasil tersebut. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui bagaimana strategi IMC yang dilakukan oleh UMN untuk meningkatkan
jumlah mahasiswa pada periode Juni 2011 ? Agustus 2012. Penelitian yang bersifat deskriptif
ini menggunakan kerangka model perencanaan IMC Belch & Belch (2009) yang didukung
dengan konsep strategi pemasaran industri jasa Lovelock & Wirtz (2012). Data diperoleh dari
hasil wawancara dengan pihak internal yaitu marketing UMN dan pihak eksternal yaitu
praktisi IMC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMN sudah menggunakan berbagai
kanal-kanal komunikasi dan memang sudah mengarah bahkan menerapkan IMC. Pada
dasarnya, UMN telah memanfaatkan berbagai kanal komunikasi secara bersinergi sesuai
dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun, hal itu belum dijalankan secara maksimal
apabila melihat adanya beberapa kanal komunikasi yang belum dimanfaatkan dengan
optimal.