DETAIL DOCUMENT
Strategi integrated marketing communications universitas multimedia nusantara untuk meningkatkan jumlah mahasiswa (periode juni 2011 – agustus 2012)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Rosanty, Catherina
Subject
HD30 Strategic Communication 
Datestamp
2017-09-28 09:58:02 
Abstract :
Penelitian kualitatif ini dilatarbelakangi oleh sebuah fenomena di mana pertumbuhan perguruan tinggi lebih besar dibandingkan dengan jumlah lulusan SMA. Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai perguruan tinggi yang masih tergolong baru, mampu mendapatkan banyak mahasiswa baru. Dalam hal ini, Integrated Marketing Communications (IMC) dilihat sebagai salah satu cara untuk mencapai hasil tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi IMC yang dilakukan oleh UMN untuk meningkatkan jumlah mahasiswa pada periode Juni 2011 ? Agustus 2012. Penelitian yang bersifat deskriptif ini menggunakan kerangka model perencanaan IMC Belch & Belch (2009) yang didukung dengan konsep strategi pemasaran industri jasa Lovelock & Wirtz (2012). Data diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak internal yaitu marketing UMN dan pihak eksternal yaitu praktisi IMC. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa UMN sudah menggunakan berbagai kanal-kanal komunikasi dan memang sudah mengarah bahkan menerapkan IMC. Pada dasarnya, UMN telah memanfaatkan berbagai kanal komunikasi secara bersinergi sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Namun, hal itu belum dijalankan secara maksimal apabila melihat adanya beberapa kanal komunikasi yang belum dimanfaatkan dengan optimal. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara