Abstract :
Penelitian ini membahas tentang strategi Public Relations dalam
mengelola reputasi perusahaan. Dilatarbelakangi oleh persaingan yang ketat di
dunia industri penerbangan dalam merebut pasar, mendorong perusahaan untuk
mempertahankan positioning-nya sebagai maskapai nasional, maskapai nomor
satu pilihan publik, dan memperkuat reputasinya agar dapat bertahan dan
berkembang.
Penerapan teori dan konsep dalam penelitian ini antara lain: model
komunikasi two-way symmetrical dari Grunig&Hunt, konsep Public Relations,
konsep sembilan langkah perencanaan strategis Public Relations dari Ronald D.
Smith, dan manajemen reputasi. Adapun metodologi yang digunakan dalam
penelititan ini adalah paradigma post-positivisme, dengan pendekatan kualitatifdeskriptif,
metode penelitian studi-kasus, teknik pengumpulan data berupa
wawancara mendalam, observasi, studi kepustakaan dan dokumentasi, serta
teknik keabsahan data yang menggunakan triangulasi sumber.
Garuda Indonesia menggunakan strategi proaktif berdasarkan konsep
Ronald D. Smith, diantaranya action strategies dan communication strategies.
Sebagai bentuk action strategies, Garuda Indonesia mensponsori Liverpool FC.
Sedangkan sebagai bentuk communication strategies, Garuda Indonesia
melakukan publisitas yang ditekankan pada newsworthy. Strategi ini dikatakan
berhasil dalam mempertahankan reputasi Garuda Indonesia sebagai global
player, karena menghasilkan : opini publik mengenai Garuda Indonesia positif,
Garuda Indonesia mendapat dukungan dan kepercayaan publik, dan loyalitas
dari konsumen GFF meningkat.