Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Wati, Novi
Subject
126 The self (personal identity, personality, personal branding)
Datestamp
2022-05-27 07:27:12
Abstract :
Dalam menghadapi persaingan bisnis, berbagai perusahaan berupaya menonjolkan brand
image yang positif agar dapat diingat dalam benak konsumen. Salah satu strategi komunikasi
yang diminati dan dinilai efektif dalam untuk membentuk brand image positif adalah dengan
menggunakan suatu pihak sebagai komunikator dari suatu produk atau yang dikenal dengan
brand endorser. Penggunaan brand endorser oleh produk GNT Fiber diharapkan dapat
memberikan asosiasi positif terhadap pembentukan brand image dari produknya.
Penelitian ini membahas apakah terdapat pengaruh dari dimensi expertise, trustworthiness
dan attractiveness dari variabel celebrity endorser terhadap brand image GNT Fiber.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat eksplanatif, untuk
menjelaskan hubungan satu variabel dengan variabel lain. Pengambilan data dilakukan
dengan metode survei, yaitu menyebarkan kuesioner kepada 307 responden yang merupakan
konsumen GNT Fiber yang melakukan pembelian dari November 2013 sampai November
2014. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan yang positif antara variabel brand
endorser (X) terhadap variabel brand image (Y) yaitu sebesar 0,601 dengan tingkat korelasi
sedang. Sedangkan besar sumbangan variabel X terhadap Y adalah sebesar 36% dimana
sisanya 64% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain di luar penelitian ini.