DETAIL DOCUMENT
Strategi public relations organisasi nonprofit mercy corps dalam kampanye phbs (studi kasus: program working on wash wellness di karawang periode juni 2013-agustus 2014)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Prioko, Nur Setyaning
Subject
153 Conscious mental processes and intelligence 
Datestamp
2022-08-10 08:14:15 
Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya organisasi nonprofit di Indonesia dan menjalankan kampanye pada isu air dan sanitasi. Mercy Corps sebagai organisasi nonprofit yang memiliki kompetensi yang besar pada isu air dan sanitasi, dipercaya Coca Cola Foundation untuk melakukan kampanye terkait hal tersebut di salah satu daerah sulit dari lima daerah tersulit di Indonesia. Dikatakan sulit karena dilihat dari keadaan air ,sanitasi, dan perilaku masyarakatnya. Untuk alasan itulah, kampanye Public Relations dipilih oleh Mercy Corps untuk dijalankan disana dengan nama Program Working on Wash Wellness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi kampanye Public Relations yang dilakukan Mercy Corps pada program tersebut. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua konsep yaitu Public Relations Organisasi Nonprofit dan Kampanye Public Relations. Metodologi dalam penelitian ini ialah paradigma post-positivisme dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode penelitiannya ialah studi kasus dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan dalam kampanye ini ialah Participated and Intregrated Strategy Campaign. Dengan strategi tersebut, Mercy Corps berusaha untuk melibatkan publik sasaran mereka ke dalam pengaplikasian program komunikasi untuk menjaga keberlanjutan program. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara