Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembangnya organisasi nonprofit di
Indonesia dan menjalankan kampanye pada isu air dan sanitasi. Mercy Corps
sebagai organisasi nonprofit yang memiliki kompetensi yang besar pada isu air
dan sanitasi, dipercaya Coca Cola Foundation untuk melakukan kampanye terkait
hal tersebut di salah satu daerah sulit dari lima daerah tersulit di Indonesia.
Dikatakan sulit karena dilihat dari keadaan air ,sanitasi, dan perilaku
masyarakatnya. Untuk alasan itulah, kampanye Public Relations dipilih oleh
Mercy Corps untuk dijalankan disana dengan nama Program Working on Wash
Wellness. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana strategi
kampanye Public Relations yang dilakukan Mercy Corps pada program tersebut.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan dua konsep yaitu Public
Relations Organisasi Nonprofit dan Kampanye Public Relations. Metodologi
dalam penelitian ini ialah paradigma post-positivisme dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Metode penelitiannya ialah studi kasus dengan teknik
pengumpulan data berupa wawancara mendalam dan studi pustaka.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang digunakan dalam
kampanye ini ialah Participated and Intregrated Strategy Campaign. Dengan
strategi tersebut, Mercy Corps berusaha untuk melibatkan publik sasaran mereka
ke dalam pengaplikasian program komunikasi untuk menjaga keberlanjutan
program.