Abstract :
Indonesia memiliki banyak berbagai macam unsur kebudayaan. Kebudayaan
dapat menjadi unsur utama untuk mendorong terjadinya pembangunan di sebuah
Negara. Namun masih banyak masyarakat mancanegara yang kurang mengenal
kebudayaan Indonesia. Untuk meningkatkan hal tersebut dibutuhkan sebuah
perencanaan yang tepat dan tentunya penentuan strategi yang sesuai. Tujuan dari
Penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi Public Relations CIOFF Indonesia
dalam mengembangkan citra kebudayaan Indonesia di kancah Internasional pada
program misi kebudayaan (periode Januari ? Desember 2014). CIOFF Indonesia
merupakan organisasi nonprofit yang fokus untuk mengembangkan kebudayaan.
Penelitian ini menggunakan strategic planning Gregorry (2004), konsep yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Public Relations, citra, budaya, dan organisasi
nonprofit. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif
dengan metode penelitian studi kasus. Sedangkan untuk teknik pengumpulan data
dilakukan dengan melakukan wawancara mendalam dan studi dokumen.
Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah bahwa proses perencanaan
strategi yang dilakukan CIOFF Indonesia sesuai dengan perencanaan Gregorry,
CIOFF Indonesia juga berhasil dalam mengembangkan citra Indonesia di kancah
Internasional melalui program misi kebudayaan yang dilakukan. Strategi yang
digunakan adalah dengan merangkul masyarakat Indonesia untuk mencintai
negaranya dan menunjukan kepada dunia internasional bahwa masyarakat Indonesia
memiliki profesionalitas yang tinggi.