Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Warokka, Pricillia Anastasya
Subject
P87-96 Communication. Mass media
Datestamp
2017-09-27 08:06:33
Abstract :
Informasi menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh khayalak. Cara
mendapatkan informasi kian beragam. Media massa hadir sebagai jawaban pemenuhan
informasi bagi khalayak. Informasi yang beragam itu, akan dikelompokkan masing-masing
sesuai kebutuhan yang diinginkan. Informasi mengenai dunia politik, ekonomi, kriminal,
wanita, pria, kesehatan, dan remaja.
Majalah GoGirl! dengan tagline magazine for real mencoba hadir sebagai salah satu
pemenuhan informasi akan gaya hidup remaja masa kini dengan berbagai konten. Sehingga
remaja sebagai khalayak aktif mendapatkan informasi yang diinginkan. Karena tiap khalayak
memiliki pemaknaan masing-masing sesuai dengan kebutuhannya mencari informasi. Remaja
misalnya yang menggunakan majalah remaja sebagai bagian dari pemenuhan akan informasi
mengenai gaya hidup.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya
hidup remaja masa kini dalam majalah GoGirl! serta mengetahui faktor-faktor yang
melatarbelakangi pemaknaan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah
cultural studies yaitu sebagai kajian budaya untuk mempelajari kebudayaan sebagai teks
kehidupan.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan pendekatan kualitatif
deskriptif. Metode yang digunakan adalah studi resepsi, yaitu akan membagi khalayak
terhadap tiga posisi pemaknaan yaitu dominant, negotiated, and oppotition readers. Hasil
temuan menunjukkan bahwa khalayak berada pada posisi dominant readers dalam memaknai
isi media. Hal tersebut terjadi karena pemaknaan khalayak dalam memaknai isi media terjadi
karena berbagai macam faktor yang mempengaruhinya. Faktor budaya, latar belakang
keluarga, latar belakang pendidikan usia, gender dan lain-lain.