Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Sanjaya, Rati
Subject
371 Schools and their activities, special education
Datestamp
2022-07-19 01:57:17
Abstract :
Down syndrome merupakan sebuah kondisi kelainan genetik dimana
munculnya kromosom 21 dalam tubuh beberapa orang yang membuatnya
memiliki beberapa keistimewaan. Kebanyakan anak dengan DS (ADS) memiliki
hambatan kognitif yang membuat mereka masuk ke dalam kategori berkebutuhan
khusus sehingga membutuhkan strategi khusus dalam memotivasi belajar mereka.
Komunikasi terapeutik yang selama ini digunakan perawat atau terapis memiliki
pengaruh untuk membangkitkan motivasi pasien yang juga dapat diaplikasikan
dalam bidang edukasi walaupun belum populer.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi komunikasi terapeutik
guru dalam membangun motivasi belajar melalui paradigma konstruktivis dengan
metode fenomenologi yang dijabarkan dalam penjabaran deskriptif sehingga
penelitian ini bersifat kualitatif. Penelitian ini melibatkan dua key informan dan
tiga informan dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi
partisipan, dan studi literatur.
Penelitian ini menemukan komunikasi terapeutik yang lebih berpengaruh
melalui komunikasi non-verbal dimana ADS memiliki kepekaan untuk
mengidentifikasi apakah motivasi yang diberikan tulus atau tidak. Status dan
peran komunikator pun berpengaruh pada gaya komunikasi komunikator dan
kedekatannya dengan ADS.