Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Susanto, Finley
Subject
006.7 Multimedia Systems, Blogs, Social Media
Datestamp
2022-08-10 08:15:07
Abstract :
Organisasi nonprofit di Indonesia cukup beragam, mulai dari organisasi
profesi, olahraga, kemanusiaan, alam, kesejahteraan sosial, dan sebagainya.
Keberadaan organisasi nonprofit ini bukan tanpa tujuan. Biasanya organisasiorganisasi
ini memiliki tujuan yang ingin dicapai dan tujuan tersebut terlihat
menjadi lebih spesifik dalam kampanye-kampanye yang dijalankan. Dalam
mencapai tujuan kampanye, biasanya organisasi nonprofit akan menggunakan
berbagai cara serta memanfaatkan media untuk menjangkau target audience-nya.
Salah satu media yang sedang populer dimanfaatkan oleh organisasi nonprofit
adalah akun social media.
Salah satu organisasi nonprofit yang memanfaatkan media ini adalah
AIESEC LC Universitas Indonesia. Saluran ini dipakai untuk membantu
mengampanyekan Global Community Development Program Periode Summer
2013. Metode yang digunakan adalah kualitatif. Penelitian ini memfokuskan pada
penggunaan akun Twitter @AIESEC_UI untuk melihat bagaimana strategi yang
dijalankan dalam konten komunikasi, melibatkan para followers, agar media ini
akhirnya dapat memberikan awareness, membentuk perilaku, dan bahkan
membuat followers untuk mengambil tindakan sebagai seorang exchange
participant.