Abstract :
Idealnya konsumen yang merasa puas terhadap produk atau jasa yang telah
mereka gunakan akan melakukan komunikasi kepada orang lain serta melakukan
kegiatan word of mouth, sehingga mampu memengaruhi pendapat dan perilaku orang
lain sampai membentuk brand image tersendiri terhadap produk atau jasa tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menguji teori dan konsep serta
mengetahui pengaruh komunikasi word of mouth terhadap brand image Hotel Aston
Rasuna dalam forum Weddingku. Penelitian ini menggunakan teori social
information processing serta menggunakan konsep marketing communications,
marketing mix, dan brand image.
Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan menggunakan pendalaman
kuantitatif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik probability sampling,
yaitu simple random sampling. Data primer diperoleh melalui survey dengan
menggunakan kuesioner yang disebar kepada 85 responden dari member forum
Weddingku. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis korelasi dan analisis
regresi, untuk mengetahui pengaruh dan seberapa kuat pengaruh antara variabel
independen dan variabel dependen.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa uji regresi menunjukkan adanya
pengaruh komunikasi word of mouth dalam forum Weddingku terhadap brand image
Hotel Aston Rasuna, dengan kuatnya pengaruh sebesar 0,650 atau 65%, yang artinya
komunikasi word of mouth telah memengaruhi brand image Hotel Aston Rasuna
dalam forum Weddingku 65%. Sedangkan 35% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang
tidak diteliti dalam penelitian ini.