Abstract :
(Adanya pandangan di masyarakat bahwa perusahaan hanya mementingkan
keuntungannya saja). Dalam menjalankan aktivitas bisnisnya perusahaan dianggap
merugikan masyarakat dan lingkungan sekitar. Dampak dari pemikiran masyarakat
tersebut akan sangat berpengaruh terhadap keberlangsungan perusahaan. Melihat
hal tersebut perusahaan menyadari pentingnya menjalin hubungan baik dan
membangun rasa saling percaya di masyarakat. Salah satu cara yang dapat
dilakukan perusahaan adalah melalui Corporate social responsibility. Melalui
pelaksanaan CSR, perusahaan akan menunjukan kepeduliannya terhadap
lingkungan dan masyarakat sekitar. Penerapan CSR yang baik tidak terlepas dari
peran public relations yang ada didalamnya. PR dapat menghubungkan perusahaan
dan masyarakat secara efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
PR dalam implementasi program CSR dari PT Tanjung Lesung
Penelitian ini menggunakan teori dan konsep yang berkaitan dengan model
perencanaan PR, yakni PR Manajemen Model oleh Cutlip, Center dan Broom,
konsep Public Relations oleh Frassel dan Cutlip, Center dan Broom, serta konsepkonsep
CSR lainnya oleh Kotler, Untung, Combs dan Halladay.
Metode Penelitian yang dipakai adalah studi kasus dengan pendekatan
kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam
kepada 3 narasumber yaitu public relations perancang program ?Tanjung Lesung
Charity? dan Public Relations pelaksanaan program ?Tanjung lesung Charity?, serta
seorang konsultan yang merupakan narasumber ahli dalam bidang Corporate Social
Responsibility
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa implementasi program ?Tanjung
Lesung Charity? sudah terealisasikan dengan cukup baik hal ini terlihat dari respon
masyarakat yang positif, walaupun jika diliat melalui model perencanaan PR Cutlip,
Center dan Broom, program CSR ?Tanjung Lesung Charity? belum dijalankan secara
maksimal. Terdapat tahapan-tahapan yang tidak dijalankan ketika
mengimplementasikan program. Selain itu implementasi program CSR ?Tanjung
Lesung Charity? tidak terlepas dari peran PR di dalamnya, yaitu sebagai expert
prescriber dan communication facilitator. Maka dapat disimpulkan bahwa PR
berperan penting di dalam implementasi program CSR, karena PR berfungsi
sebagai penghubung antara perusahaan dengan masyarakatnya agar adanya
hubungan saling menguntungkan diantara keduanya.