DETAIL DOCUMENT
Perancangan Visual Kampanye Sosial Mengenai Pencegahan Diabetes Mellitus Pada Anak Usia 7-12 Tahun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Shannen, Tanzil
Subject
HD59.8 Campaign 
Datestamp
2017-10-05 02:00:29 
Abstract :
Diabetes Melitus adalah penyakit yang secara umum sudah diketahui oleh masyarakat Indonesia. Walaupun begitu, Indonesia sekarang sudah berada di peringkat ke-7 dengan penderita diabetes terbanyak di seluruh dunia. Masalah lain yaitu banyak yang tidak mengetahui bahwa penyakit ini bukan hanya menyerang orang dewasa dan lansia tetapi juga bisa menyerang anak-anak. Berdasarkan data yang dimiliki oleh UKK Endokrinologi Anak PP IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia), terjadi peningkatan pada anak-anak penderita diabetes setiap tahunnya. Oleh karena itu, penulis bermaksud merancang sebuah kampanye sosial yang bukan hanya bersifat edukatif namun preventif untuk mengubah pola makan dan hidup yang memicu diabetes pada anak-anak. Dalam merancang kampanye sosial ini, penulis menggunakan mengumpulkan data dengan metode riset formatif yang tediri dari metode survei, metode wawancara mendalam dan metode diskusi kelompok terarah. Selain itu, kampanye ini menggunakan strategi AIDA yaitu Attention, Interest, Desire, Action dimana dalam tiap tahapan terdapat media utama dan media pendukung seperti poster, brosur, website, dan media lain yang dirancang sesuai dengan target yaitu orangtua yang memiliki anak usia 7-12 tahun. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara