DETAIL DOCUMENT
Pengaruh konten pembicaraan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media (facebook) terhadap tingkat partisipasi politik (survei pada siswa dan siswi smak calvin kelas xii)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Sebastian, Rika Maya
Subject
302.23 Media of Communication, Mass Media 
Datestamp
2022-01-20 08:02:56 
Abstract :
Penelitian ini berjudul pengaruh pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media (Facebook) terhadap tingkat partisipasi politik; survey pada siswa siswi Sekolah Menengah Atas Kristen Calvin kelas dua belas. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan tekonologi (new media) yang semakin dipakai dalam perpolitikan di Indonesia bahkan memberikan pengaruh terhadap tingkat partisipasi politik di Indonesia. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan konsep Grunassen dan Lilaohren, konsep new media, sosial media Facebook, dan bentuk partisipasi politik menurut Mujani. Jenis penelitian ini adalah eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan teknik sensus. Data primer diperoleh melalui metode servey dengan melakukan penyebaran kuesioner yang disebar kapada seluruh siswa/siswi SMAK Calvin kelas XII. Teknik analisis data menggunakan uji koefisien korelasi dan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang sangat kuat antara pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media Facebook terhadap tingkat partisipasi politik. Pada nilai R square pada uji regresi menunjukkan angka sebanyak 0,706 atau sekitar 49%. Artinya pemberitaan mengenai kandidat presiden dan wakil presiden 2014 di sosial media Facebook telah mempengaruhi tingkat partisipasi politik sebesar 45%. Sedangkan 51% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara