Abstract :
Tanggung jawab sosial perusahaan pada saat ini tidak dilakukan hanya
sebatas untuk pemenuhan peraturan pemerintah semata namun menjadi investasi
jangka panjang bagi perusahaan yang dapat secara konsisten dan berkelanjutan
dalam pelaksanaannya. Banyak perusahaan besar di Indonesia yang telah
menyadari pentingnya untuk dapat berkontribusi terhadap kesejahteraan
masyarakat melalui kegiatan sosial ini salah satunya adalah PT Amerta Indah
Otsuka.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses implementasi kegiatan
corporate social responsibility PT Amerta Indah Otsuka melalui yayasan yang
didirikan yaitu Satu Hati Cerdaskan Bangsa. Untuk itu peneliti menggunakan
CSR model dari Coombs dan Holladay.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian studi kasus. Data diperoleh
peneliti melalui wawancara mendalam subjek penelitian. Dari hasil penelitian
dapat dipahami bahwa dalam proses implementasi program kegiatan tanggung
jawab sosial perusahaan, pemilihan isu dan target yang tepat melalui scanning dan
monitoring serta proses pengkomunikasian program menjadi hal paling
dominan.serta konsistensi dalam menjalankan program menjadi hal yang sangat
penting untuk mencapai hasil yang diinginkan oleh perusahaan melalui kegiatan
yang diadakan.