DETAIL DOCUMENT
Pemaknaan khalayak remaja terhadap gaya hidup remaja masa kini (studi resepsi pada majalah highend teen)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Lumatauw, Ryan Johnson Arnold
Subject
050 Magazines, Journals and Serials 
Datestamp
2022-08-10 06:13:13 
Abstract :
Bagi kalangan remaja, majalah merupakan salah satu media yang dapat memberikan informasi dan pesan sesuai dengan kebutuhan. Banyak majalah remaja yang berfokus pada rubrik yang berisi gaya hidup remaja masa kini. Majalah HighEnd Teen adalah salah satu bentuk media yang merepresentasikan gaya hidup remaja masa kini. Dengan tagline smart, up-to-date and beyond, remaja masa kini dipengaruhi oleh ideologi dari majalah yang dipengaruhi oleh pemaknaan teks dalam media. Akan tetapi, remaja yang adalah khlayak aktif memiliki pemakanaan sendiri terhadap isi media dan dapat berbeda dilihat dari faktor yang melatar belakangi mereka. Pemahaman yang dilakukan khalayak bersifat memaknai isi dari teks media tersebut. Dalam memaknai pesan tersebut tentunya dilihat dari faktor budaya dari khalayaknya. Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi. Budaya termasuk unsur penting dalam melakukan pemaknaan. Tindak pemaknaan yang dilakukan khalayak dapat membawa khalayak ke dalam tiga posisi pemaknaan yakni, dominan, negosiasi dan oposisi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif-deskriptif, di mana pengambilan data yang dilakukan berupa wawancara mendalam dan studi pustaka. Wawancara mendalam dilakukan guna mencari data primer yang berkaitan dengan informasi mengenai informan dan pemahaman khalayak tentang gaya hidup remaja masa kini dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Studi pustaka digunakan untuk mendapatkan data sekunder berupa data mengenai majalah HighEnd Teen. Dari pemaknaan kelima informan, hasil wawancara menunjukan bahwa terdapat kesamaan antara isi teks dari majalah HighEnd Teen dengan pemaknaan yang dilakukan khalayak, meski dalam peaknaan tersebut ada yang menganggap berbeda. Ada khalayak yang memaknai isi teks media secara dominan, sesuai dengan gaya hidupnya, ada pun khalayak yang menegosiasikan pemaknaan yang dibuat oleh majalah HighEnd Teen. Pemaknaan kelima informan dapat dikategorikan dominan-dominan, dominan-negosiasi, dan dominan-oposisi. 
Institution Info

Universitas Multimedia Nusantara