Institusion
Universitas Multimedia Nusantara
Author
Putri, Santika Indri Eka
Subject
380 Commerce, communications transportation
Datestamp
2022-06-07 03:57:29
Abstract :
Iklan menjadi industri yang mengeluarkan belanja cukup besar di
Indonesia. OLX memanfaatkan iklan televisi sebagai kegiatan promosi untuk
mengkomunikasikan produknya ke khalayak luas yang pada akhirnya akan
meningkatkan brand awareness masyarakat terhadap produk tersebut. Maka
rumusan masalah pada penelitian ini ialah untuk mengetahui seberapa besar
pengaruh kampanye iklan televisi OLX terhadap tingkat brand awareness OLX
sebagai situs jual beli online barang bekas (survei warga perumahan Villa Ilhami
RT02 Tangerang).
Konsep yang digunakan dalam penelitian ini adalah strategi kampanye,
iklan televisi, brand, brand awareness dan re-branding yang mencakup lima
dimensi, yaitu memilih ulang sebuah brand, membuat ulang brand awareness,
memposisikan ulang brand, menciptakan ulang brand image dan membuat ulang
kepercayaan. Teori yang digunakan ialah Cognitive Response. Jenis penelitian
bersifat eksplanatif dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian survei
dengan jumlah populasi penelitian warga Perumahan Villa Ilhami RT02
Tangerang sebanyak 106 warga. Teknik sampling menggunakan total sampling
dengan jumlah sampel sebanyak 106 responden.
Hasil penelitian diperoleh data yang valid dan relaibel, kemudian
diperoleh juga hasil korelasi Pearson yang menunjukkan adanya pengaruh
kampanye iklan televisi OLX terhadap tingkat brand awareness OLX dalam
kategori hubungan yang positif, kuat dan sangat signifikan. Namun, pengaruh
tersebut hanya sebatas pada tahap menciptakan ulang brand image dan tidak
sampai pada tahap membuat ulang kepercayaan.